jaLAn JaLAn

Daisypath Anniversary Years Ticker

manusia itu kecil ?!

apa iya manusia itu kecil?! kalau dibandingkan sama kucing ya mesti gak lah, tapi...
manusia itu makhluk hidup. dan yg namanya makhluk hidup itu punya ciri salah satunya tumbuh. Yah kita tau, badan ini kumpulan sistem organ, yg kumpulan dari organ, sampai ke jaringan2, paling kecil ya sel.
sebenarnya apakah bedanya kita sama hewan? sel kita dengan mereka sama bagian2nya, yg membedakan itu jumlah kromosomnya. kromosom 46 yg kita miliki betul2 bisa mengubah dunia. hewan yg bisa beradaptasi dg lingkungannya, manusia membuat lingkungannya beradaptasi dg mereka, hebat..!!

Seperti yg diketahui, manusia itu sebenarnya kumpulan2 dari banyak bgt sel, dari atas sampai bawah... seberapa rumitkah tugas sel sampai2 bisa jadi manusia2 di bumi ini?
sebenarnya kita bernafas itu bukan buat "kita", kita bernafas buat sel2 kita. jadi sel bisa menjalankan tugas2nya sebagai penyusun tubuh ini. melalui glikolisis sampe siklus krebs itu, semua terjadi di dalam sel kita. lalu sel bekerja pake apa?
ya hasil ATP dari pernafasan di mitokondria itu yg jadi tenaga. maka gak aneh kalo mitokondria disebut "the power house of cell".


selain urusan nafas-bernafas, di dalam sel ada yg namanya inti sel. disini ada proses njelimet namanya sintesa protein. DNA manusia yg pasang2an -G sama C,A sama T- itu disini diterjemahkan, ntar jadi asam amino. DNA yg berpilin-pilin itu nanti dimasuki RNA polimerase, nanti rantainya mbuka, terus terbentuk mRNA yg berpasangan sama sense.
mRNA itu masuk ke ribosom buat diterjemahkan dg bantuan tRNA. lha... kode-kode di mRNA itu ada daftarnya sendiri, mau jadi asam amino yg mana. itu tadi sekilas sintesa protein.
masih banyak hal yg terjadi di sel kita, waduh dari penyusunnya aja uda rumit, apalagi manusianya.
karena itu kita harus bersyukur sama yg memberi kita banyak kelebihan ini, Allah emang Maha Mengatur pokoknya.
ilmu kita yg sampai jenius2 ini aja ibarat setetes air di lautan, manusia emang kecil banget, tersusun dari hal2 kecil kayak sel, tersusun dg kompleksitas tinggi.

1 Comment so far
  1. DavidMIqbal said

    Minggu, Oktober 26, 2008 9:42:00 AM

    Muantap postingannya....buat nambah pengetahuan ttg manusia...thank's infonya

Posting Komentar


ShoutMix chat widget
go green indonesia!
StopGlobalWarming.org