jaLAn JaLAn

Daisypath Anniversary Years Ticker

Lha… Asam piruvat hasil proses glikolisis mau dibuat apa?? Ini khusus yg respirasi aerob, yaitu pernafasan yg mendambakan oksigen banget.
Habis glikolisis ada yg namanya Oksidasi Piruvat atau bisa juga reaksi transisi (DOAP = dekarboksilasi oksidasi asam piruvat). Nah namanya oksidasi ya butuh oksigen toh. Di sini oksigen memainkan perannya dalam pernafasan. Di sini Asam piruvat yg ada C3 nya diubah jadi asetil KoA (CH3CO-KoA) yg punya C2. Tak lupa juga menghasilkan 2 CO2 dan 2 NADH.
Setelah reaksi DOAP, ada yg namanya siklus Krebs. Namanya aja siklus ya pastinya gambarnya muter-muter. Disini ada senyawa yg membantu namanya oksaloasetat yg dihasilkan dari siklus krebs sebelumnya. Nah asetil KoA yg punya C2 gabung sama oksaloasetat yg punya C4, jadi hasilnya C6. Melalui proses kondensasi, isomerasi, oksidasi pertama dan kedua, sampe pembentukan oksaloasetat ini dihasilkan senyawa yg punya C cuma 1. Apalagi kalau bukan CO2 sebanyak 4 mol. Selain itu juga dihasilkan 2 FADH, 6 NADH, sama 2 ATP.
Uda selesai?? Belum!! Masih ada yg namanya transfer elektron. Biar semua produk itu bisa menghasilkan energi.

1 Comment so far
  1. Test Dashboard mWater Jatim said

    Selasa, September 30, 2008 9:45:00 AM

    Lha, ni sape to?
    Wah, isi blogny siklus krebs. Hha, keren kalo bs apal ATP, NADH, CO2..

Posting Komentar


ShoutMix chat widget
go green indonesia!
StopGlobalWarming.org